Bagaimana caranya Windows Boot pada “Safe Mode” Ketika Kunci F8 tidak bekerja? Tambahkan pilihan“ Safe Mode ” pada Windows Boot Loader

“Safe Mode” pada Windows adalah mode khusus yang terutama digunakan untuk tujuan pemecahan masalah. Banyak kali ketika Anda tidak dapat boot ke Windows karena infeksi virus, perangkat lunak yang rusak atau instalasi driver, Anda dapat boot ke Safe Mode dan memperbaiki masalah. Anda dapat memindai sistem anda dengan antivirus, uninstall perangkat lunak yang rusak atau driver menggunakan Safe Mode dan Anda akan dapat boot ke Windows secara normal tanpa masalah.

Sehingga Anda dapat melihat Safe Mode adalah fitur yang sangat berguna dari Windows OS. Jika Anda tidak tahu bagaimana untuk boot ke Safe Mode, marilah kita memberitahu Anda secara detail!

Untuk boot ke Safe Mode, Anda harus menekan F8″ tombol di keyboard Anda sebelum layar boot Windows muncul. Jika Anda memiliki sistem dual boot, Anda dapat menekan “F8” kunci ketika boot loader akan ditampilkan yang mana Anda memilih Windows untuk boot. Segera setelah Anda menekan “F8″ tombol, layar baru ditampilkan yang berisi pilihan booting beberapa dan di atas semua pilihan, Anda mendapatkan pilihan untuk memulai Windows pada Safe Mode.

Banyak kali Anda tidak dapat mendapatkan layar di mana Anda pilih opsi Safe Mode. Kadang-kadang F8″ tombol tidak bekerja di banyak sistem atau kadang-kadang Anda tidak bisa tekan tombol “F8” kunci pasti kapan perlu ditekan oleh Anda.

Lalu apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti itu? Cara mengakses opsi Safe Mode dan boot ke Safe Mode berhasil?

Jangan khawatir. Hari ini di tutorial ini, kami akan memberitahu Anda cara untuk menambahkan opsi baru di Windows boot loader untuk boot Windows ke Safe Mode. Dengan cara ini, Anda tidak perlu tekan “F8″ tombol. Hanya pilih opsi Safe Mode dari Windows boot loader dan bersiap-siap untuk boot Windows dalam Safe Mode tanpa masalah.

Jadi tanpa membuang waktu, mari kita mulai tutorial. Kami telah membagi tutorial ini dalam 2 bagian:

LANGKAH 1: Menambahkan entri baru untuk Safe Mode pada Windows boot loader

LANGKAH 2: Menambahkan fungsi untuk entri baru pada Windows boot loader

 LANGKAH 1: Menambahkan Entri Baru untuk Safe Mode pada Windows Boot Loader

Pertama kita akan menambahkan sebuah entri baru dalam Windows boot loader untuk menjalankan Windows dalam Safe Mode. Kami akan melakukannya dengan membuat salinan masuk Windows yang ada di boot loader.

Metode ini berbeda untuk Windows XP dan Windows Vista, 7.

Untuk Windows XP dan 2003 Server pengguna:

1. Klik kanan pada icon My Computer dan pilih Properties. Ini akan membuka jendela Sistem Properties. Anda dapat langsung membukanya dengan menggunakan perintah di RUN sysdm.cpl.

2. Sekarang, masuklah ke tab “Advanced” dan klik pada hadir tombol “Pengaturan” di bagian “Startup dan Pemulihan”.

3. Ini akan membuka jendela baru. Sekarang klik pada tombol “Edit” seperti terlihat pada screenshot berikut:

 

 4. Ini akan membuka “boot.ini” file di Notepad. Ini adalah file utama yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk boot loader Windows seperti yang entri harus ditampilkan, berapa banyak waktu harus diberikan untuk pengguna, dll

Isi file boot.ini harus serupa dengan berikut:

[boot loader]
timeout = 30

default = multi (0) disk (0) rdisk (0) partisi (1) WINDOWS

[sistem operasi]
multi (0) disk (0) rdisk (0) partisi (1) WINDOWS = “Microsoft Windows XP Professional” / noexecute = optin / fastdetect

5. Sekarang kita perlu membuat salinan masuk Windows yang ada. Kami akan pilih baris terakhir menunjukkan “Microsoft Windows XP Professional”, salin dan paste di akhir. Jadi sekarang isi file akan terlihat seperti berikut:

[boot loader]
timeout = 30

default = multi (0) disk (0) rdisk (0) partisi (1) WINDOWS

[sistem operasi]
multi (0) disk (0) rdisk (0) partisi (1) WINDOWS = “Microsoft Windows XP Professional” / noexecute = optin / fastdetect

multi (0) disk (0) rdisk (0) partisi (1) WINDOWS = “Microsoft Windows XP Professional” / noexecute = optin / fastdetect

Seperti yang Anda lihat sekarang ada 2 entri yang sama dalam file. Sekarang edit entri-2 dan menambahkan “Safe Mode” teks setelah Windows XP Professional label.

Jadi akhir isi file boot.ini akan terlihat seperti berikut:

[boot loader]
timeout = 30

default = multi (0) disk (0) rdisk (0) partisi (1) WINDOWS

[sistem operasi]
multi (0) disk (0) rdisk (0) partisi (1) WINDOWS = “Microsoft Windows XP Professional” / noexecute = optin / fastdetect

multi (0) disk (0) rdisk (0) partisi (1) WINDOWS = “Microsoft Windows XP Mode Profesional Aman” / noexecute = optin / fastdetect

 

 Simpan file dan menutupnya.

Itu saja. Kami telah berhasil menambahkan entri baru di boot loader untuk menjalankan Windows dalam Safe Mode.

Untuk Windows Vista, Windows 7 dan Server 2008 pengguna:

Windows Vista dan Windows 7 boot loader sangat berbeda dari boot loader Windows XP. Tidak menggunakan file boot.ini. Meskipun Anda dapat menggunakan built-in perintah BCDEDIT untuk memodifikasi boot loader, tugas yang rumit jadi sedikit. Jadi kita akan menggunakan “VistaBootPro” freeware untuk memodifikasi Windows Vista dan Windows 7 boot loader.

1. Pertama download dan menginstal VistaBootPro menggunakan link berikut:

Unduh VistaBootPRO

2. Sekarang buka perangkat lunak dan klik pada tab Manage OS Entries“. Program ini mungkin menunjukkan pesan peringatan untuk Windows 7 pengguna, mengabaikannya.

3. Anda akan melihat kotak centang “Add Entry baru OS” di bagian bawah jendela. Aktifkan kotak centang, memberikan nama yang diinginkan di kotak “Nama OS” teks yang akan ditetapkan untuk entri baru di boot loader untuk menjalankan Windows dalam Safe Mode. Kami akan menggunakan “Windows 7 Safe Mode” untuk Nama OS.

Pilih “Jenis OS” sebagai “Windows Vista”. Jangan khawatir! Bahkan jika Anda mengedit Windows 7 boot loader, Anda harus pilih Windows Vista sebagai tipe OS. Ini akan berhasil tanpa masalah.

Pilih “OS Drive” sebagai C:.
 

 

4. Itu saja. Klik “Apply Update” tombol dan Anda telah menambahkan entri baru di boot loader Windows untuk memulai Windows pada Safe Mode.

LANGKAH 2: Menambahkan Kegunaan untuk Entry baru pada Windows Boot Loader

Pada langkah di atas kita telah menambahkan entri baru di Windows boot loader tetapi tidak akan memulai Windows pada Safe Mode karena kami belum mengubah fungsi entri.

Pada langkah ini, kita akan mengatur entri untuk memulai Windows pada Safe Mode.

1. Ketik msconfig di RUN atau start menu kotak pencarian dan tekan Enter. Ini akan membuka jendela Konfigurasi Sistem Utility.

2. Sekarang, masuklah ke tab “BOOT” pada Windows XP dan “Boot” tab pada Windows Vista dan 7 sistem.

3. Sekarang Anda hanya perlu memilih entri baru untuk Safe Mode yang kita buat pada langkah 1 dan mengaktifkan “Boot Aman” pilihan untuk itu seperti terlihat pada screenshot berikut:

Windows XP atau Server 2003:

 

 Windows Vista, Windows 7 dan Server 2008:

 
 4. Itu saja. Klik tombol Apply dan Anda telah berhasil menambah entri baru di Windows boot loader untuk menjalankan Windows dalam Safe Mode.

Menggunakan “Safe Mode” Hadir Option pada Windows Boot Loader

Sekarang ketika Anda akan memulai sistem anda, Anda akan melihat pilihan baru untuk memulai Windows pada Safe Mode hadir di boot loader:

 

 Pilih opsi menggunakan tombol panah dan tekan Enter. Ini akan mulai booting Windows dalam Safe Mode dan Anda akan dapat boot Windows ke Safe Mode tanpa masalah:

 

 Jangan ragu untuk berbagi umpan balik Anda atau mengajukan pertanyaan tentang tutorial ini dalam komentar Anda

Semoga bermanfaat

^_^

Advertisements